Beranda Adventure Trail Adventure SWAT 2019 Pemalang (21-22/9), Dihadiri Offroader Nasional dan Luar Negeri

Trail Adventure SWAT 2019 Pemalang (21-22/9), Dihadiri Offroader Nasional dan Luar Negeri

16

Otocorner.com – Beny Jovi dari Enduro Pemalang Community (EPEC) punya event bergengsi yang dinamai Sokowati Adventure Trail (SWAT). Acara yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali ini berlokasi di Desa Sokowati, Ampelgading Pemalang Jawa Tengah.

“Tema kita tahun 2019 ini adalah ‘SWAT I’ll Be Back’ yang diikuti oleh lebih dari 1150 offroader se-Indonesia dan internasional. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami karena banyak offroader yang datang,” Buka Beny yang merupakan pemilik Jovi MX Motoshop Comal Pemalang.

Start dari Bendungan Sokowati Pemalang

Pelaksanaan gelaran SWAT I’ll Be Back berlangsung pada hari Sabtu Minggu 21-22 September 2019. Lapangan Bendungan Sokawati Pemalang menjadi tempat start dan finish acara SWAT kali ini.

“Pelaksanaanya kita bagi 2 kategori. Hari Sabtu untuk kategori privat trip yang pesertanya dibatasi hingga 200 offroader saja, sedangkan untuk hari Minggunya event tersebut kita buka untuk umum. Tentunya biaya pendaftaran dan fasilitasnya berbeda ya,” papar Beny Jovi yang murni merancang sendiri jalur yang dipakai dalam event SWAT ini.

jalur untuk kedua kategori ini tentunya berbeda. Untuk Privat disuguhi jalur sepanjang 100 kilometer dengan puluhan tanjakan dan turunan baik buatan ataupun alami. Sedangkan jalur event umum disuguhi jalur offroad sepanjang 80 kilometer.

“Untuk pembuatan jalur ini kita meminta bantuan kepada 180 warga dan 18 rukun tangga dari wilayah yang dilalui. Jadi semua warga dan komunitas kami libatkan dalam gelaran SWAT I’ll Be Back ini,” terang Beny Jovi.

Beny Jovi, Pekerjakan 180 warga untuk membuat jalur

Peserta pun mengaku sangat puas dengan jalur yang telah disajikan.  Menurut mereka, berbagai faktor pemacu adrenalin terpenuhi dalam gelaran ini.

“Komposisi jalurnya sangat komplit. Banyak tanjakan dan turunan yang didesain sedemikian rupa dan sangat memacu adrenalin. Salut untuk jalur bikinan Beny Jovi ini,” ujar Handi Cun Cun, salah seorang peserta yang hadir langsung dari pulau Bangka Belitung.

jalurnya komplit

Bukan hanya peserta dari Indonesia saja. Peserta offroad dari luar negeri pun juga mengacungin jempol untuk jalur adventure kali ini.

“Saya tahun 2017 lalu juga mengikuti gelaran SWAT reborn, jalurnya sangat menantang. Di acara SWAT I’ll Be Back 2019 ini, Jalurnya pun juga tak kalah menantang. Pokoknya kalau acara SWAT buatan Beny Jovi, kami pasti akan hadir,” ujar Zalmizan Ali, offroader dari Malaysia yang hadir bersama dengan 10 rekannya.

offroader Malaysia dan Bangka Belitung berfoto bersama

Namun kesuksesan gelaran ini tak membuat Beny yang dikenal sebagai Track konsultan ini merasa bahagia.

“Sayangnya ada oknum yang mungkin kurang suka dengan gelaran SWAT ini, banyak tanda jalur yang dibuang sehingga beberapa peserta tersasar.  Padahal hal tersebut bisa membahayakan nyawa orang lain lho” tutup beny. (OC1)