asd
Beranda Modifikasi Honda Tiger 1994 TRC Tegal, Modifikasi Radikal Dengan Ban Super Gambot

Honda Tiger 1994 TRC Tegal, Modifikasi Radikal Dengan Ban Super Gambot

497

Honda Tiger 1994 TRC Tegal, Modifikasi Radikal Dengan Ban Super Gambot

Opix, pemilik sekaligus punggawa bengkel Tegal Radical Custom (TRC) memang punya pemikiran yang radikal dalam memodifikasi sepeda motornya. Tengok saja hasil kreasinya yang berbasic Honda Tiger tahun 1994 ini. Tampilan motor tiger standar dibuat menjadi motor streetfighter dengan ban super Gambot di bagian depan dan belakangnya.

Proses pemasangan ban gambot dibagian depan dan belakang ini memerlukan proses yang rumit. Pasalnya, sok depan, lengan ayun, pelek depan dan pelek belakang harus di custom ulang agar sesuai dengan yang diinginkan oleh Opix.

Seperti misalnya sok depan milik suzuki GSX 1000R yang dijejali oleh pelek belakang bawaan Kawasaki ZX14R. Pelek selebar 7 inci ini tidak akan bisa masuk bila dipasangkan pada fork standar.

“Saya buatkan segitiga baru pada bagian atas dan bawah menggunakan aluminium. Kebetulan di rumah mempunyai alat pencetakan alumunium sehingga semua bisa dikerjakan sendiri” papar Opix yang buka praktek dijalan Jembatan Merah No.163 Kajen Talang, Tegal.

Pekerjaan selanjutnya adalah memodifikasi kaki belakang agar bisa dijejali ban Avon 330/30-17 yang sangat lebar. Ban ini biasanya diaplikasi pada motor bergaya chopper.

“Pelek dan lengan ayun bawaan Yamaha R1 saya modifikasi lagi. Pelek dibelah menjadi dua dan disambung dengan tempaan alumunium sehingga menjadi sangat lebar. Total lebarnya menjadi 13 inci” papar opix yang melakukan pengerjaan ini bersama 3 orang karyawannya.

Kemudian agar pelek tersebut bisa terpasang, lengan ayun milik Yamaha R1 pun juga dibelah dan disambung dengan bahan alumunium. Sehingga mampu mengapit pelek dan ban Avon yang sangat lebar tersebut.

Untuk menyesuaikan kaki kaki yang telah menjadi gambot, bodi pun turut dikustom. Dibuat bodi lurus dari fiber yang sekaligus menjadi tangki bahan bakar. “Hasil akhirnya mirip katak jika dilihat dari belakang. Makanya aku beri julukan ‘The Red Frog’” tutup Opix yang tergabung dalam keluarga Minorfighter Indonesia ini. (OC1)

 

 

Data Modifikasi

Ban depan     : Radial 200/50-17

Ban belakang  : Avon 330/30-17

Pelek depan   : Kawasaki ZX14

Pelek belakang : Yamaha R1

Cakram depan  : Suzuki GSX R1000

Cakram blkg   : Yamaha R1

Sok depan     : Suzuki GSX 1000R

Sok belakang  : Yamaha R1

Lengan ayun   : Yamaha R1

Setang        : TRC

Bengkel       : Tegal Radical custom

Alamat        : Jln. Jembatan Merah No.163 Kajen Talang, Tegal

Telp          : 0813-2155-7775

Save