asd
Selasa, Juli 23, 2024
Beranda News Membersihkan Busa Filter Udara Motor Special Engine, Cukup Diperas, Jangan Dipelintir

Membersihkan Busa Filter Udara Motor Special Engine, Cukup Diperas, Jangan Dipelintir

Membersihkan Busa Filter Udara Motor Special Engine, Cukup Diperas, Jangan Dipelintir

Jangan anggap sepele dengan Busa filter udara yang terdapat pada motor special engine. Busa filter udara adalah komponen yang sangat vital dimotor trail, baik itu tipe enduro ataupun tipe cross yang di Indonesia lebih akrab disebut motor SE.

Perlu diingat, motor trail yang dipakai offroad wajib dipasang filter udara. Filter udara ini berfungsi mencegah debu atau kotoran masuk ke dalam karburator atau sistem injeksi. Apalagi jika motor sering dipakai offroad melalui jalur berdebu, akan sangat bahaya sekali jika debu atau tanah sampai masuk ke dalam karburator dan injeksi karena akan mengacaukan suplai bensin yang masuk kedalam mesin. Akibatnya motor akan mengalami gejala ‘mbrebet’ atau bahkan mati. Ujung ujungnya malah bisa merembet pada kerusakan mesin.

Filter udara yang kebanyakan berbahan busa ini wajib dibersihkan secara rutin. Fungsinya agar pasokan udara bisa lancar kedalam karburator atau injeksi. Setiap selesai offroad, busa filter udara ini harus dibersihkan, jangan dibiarkan kotor. Kali ini OTOCORNER.COM akan berbagi cara praktis untuk membersihkan busa filter udara sendiri dirumah.

Pertama yang perlu dipersiapkan adalah solar secukupnya, air bersih, ember kecil dan shampoo mobil. Jangan membersihkan busa filter udara dengan bensin, karena ini akan membuat busa filter udara cepat hancur. Juga jangan menggunakan detergen, karena tingkatan keasaman atau kebasaannya itu terlalu tinggi sehingga menyebabkan busa menjadi cepat rusak.

“Dipilih Shampoo mobil karena PH nya atau tingkat keasamannya pada tingkat yang tidak merusak. Sehingga aman dipakai pada busa filter SE” terang Deru Okta, mekanik grasstrack yang biasa menerima servis ringan motor SE.

Langkah pertama adalah melepas  busa filter udara dari motor yang letaknya berada tepat dibawah jok bagian kanan. Kemudian busa yang sudah dilepas dicuci menggunakan solar agar debu dan kotorannya terlepas. Kemudian peras perlahan namun jangan dipelintir.

Setelah itu segera dimasukan dalam ember kecil yang berisi air yang telah dicampur dengan shampoo mobil. Peras busa, tetapi jangan dipelintir.

Selanjutnya, celupkan ke dalam air bersih dan bilas dengan air bersih yang mengalir. Peras airnya, tetapi sekali lagi jangan dipelintir karena bisa mempercepat rusaknya busa.

Jemur busa, namun jangan terkena sinar matahari secara langsung. Jika sudah kering, sebelum dipasang kembali ke tempatnya, lapisi dulu busa bagian luarnya dengan oli khusus untuk busa filter.

“Jika memang kondisi busa filter sudah rusak dan sobek, segera ganti dengan busa yang baru. Bisa dengan busa original atau dari merek lain seperti Racetech, Polisport atau Twin Air yang kualitasnya sudah teruji” tutup Deru Okta yang lebih akrab disapa Eded ini.

Oto Cornerhttps://otocorner.com
media otomotif indonesia, mengulas tentang berbagai hal mengenai otomotif di indonesia.

Most Popular

Hasil Kejuaraan Kratindaeng Supercross Banjar 2024

Otocorner.com - Berikut hasil resmi kejuaraan Kratindaeng Supercrosser 2024 yang di selenggarakan di sirkuit Sport Center Langensari kota Banjar, Jawa Barat (21/7/24). OC1

Holiday offroader trail Pangandaran 2024, diikuti 1500 offroader se-Indonesia (15/6)

Otocorner.com – Ada yang menarik pada gelaran Holiday Offroader Trail (HOT) 2024 yang dilaksanakan di Pantai barat Pangandaran. Lokasi yang biasanya hanya diisi wisatawan...

Jelang Biker Rendezvous 2 Pangandaran (20 Juli 2024)

Otocorner.com - Setelah sukses dengan gelaran pertamanya, Semprul yang digawangi oleh Susilo Nandang bagio SH, MH, seorang tokoh Otomotif dari kota Bandung, Jawa Barat...

32 tahun Anniversary Nusakambangan scooter club Cilacap, Pererat Tali Persaudaraan

Otocorner.com - Merayakan hari jadinya yang ke 32 tahun, komunitas Nusakambangan Scooter Club (NSC) Cilacap menggelar acara tasyakuran bersama. Dalam acara berbagi kebahagiaan ini, NSC...

Recent Comments