Selasa, Desember 1, 2020
Beranda News Tips Ganti Busi Motor Ala Yamaha

Tips Ganti Busi Motor Ala Yamaha

Otocorner.com – Peran busi sangat penting dalam sistem pengapian mesin.

Busi menghasilkan pijaran api diantara elektrodanya untuk membakar campuran udara – bahan bakar, saat menerima tegangan tinggi.

Jika electrode busi sudah aus atau habis maka tarikan motor menjadi berat dan tidak responsif.

Gejala tanda-tanda busi tidak bekerja dengan baik akan mempengaruhi performa mesin.

Beberapa kemungkinan seperti contoh tarikan gas menjadi terasa berat, langsam mesin tidak stabil dan saat akselerasi sepeda motor tersendat-sendat.

Pada umumnya penggantian berkala busi setiap 6000 km, periksa, bersihkan, dan ganti jika perlu.

Busi juga memiliki beragam fitur yang disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing kendaraan.

“Untuk Motor Yamaha, Selalu gunakan Busi dari Yamaha Genuine Parts. Lebih maksimal untuk performa Motornya,” terang Achunk dari Yamaha DDS II Jawa Barat.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai Busi, berikut penjelasan jenis – jenis busi yang pada umumnya dipakai :

  1. Busi Standard terbuat dari special nickel alloy pada bagian tengah dan elektroda groundnya. Karena hal ini, busi ini menghasilkan daya, menahan panas dan ketahanan yang tinggi. Elektroda tengahnya terbuat dari tembaga agar perpindahan panasnya yang lebih baik.
  2. Busi Platinum menggunakan bahan platinum untuk elektroda tengah dan ground. Platinum dapat menahan keausan elektroda, meningkatkan durabilitas. Diameter Elektroda tengah lebih kecil dari yang type standar, artinya dapat meningkatkan percikan api.
  3. Busi Iridium menggunakan bahan iridium alloy pada bagian tengah elektrodanya. Iridium alloy mempunyai titik leleh yang tinggi dan kekuatan yang baik, sehingga bagian tengah elektrodanya dapat lebih kecil dari busi platinum, menghasilkan lebih baik percikan api dan daya tahan masa pakainya.
  4. Busi Multi-elektroda (2 electrodes), tujuan dari banyak/multiple ground elektroda adalah meratakan keausan elektroda dan menjaga daya tahan. Tambahan, busi multi-electrode juga efektif dalam meningkatkan kemampuan percikan (menurunkan tegangan listrik yang dibutuhkan).

Apabila busi sepeda motor anda dalam kondisi baik maka disaat sepeda motor berjalan dalam berbagai kecepatan akan terasa nyaman, aman dalam berkendara.

Jangan lupa ya untuk merawat secara rutin busi sepeda motor Anda. (OC1)

Oto Cornerhttps://otocorner.com
media otomotif indonesia, mengulas tentang berbagai hal mengenai otomotif di indonesia.

Most Popular

Suzuki Meluncurkan NEX Crossover, Gaya Baru Petualang

Otocorner.com – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan produk sepeda motor terbarunya, yaitu Suzuki NEX Crossover. Diposisikan sebagai skutik kompak bergaya crossover, Suzuki NEX Crossover...

5 Siswa Terbaik Peroleh Gelar AHM Best Student 2020

Otocorner.com – Setelah beradu ide dan kreativitas terbaik, terpilihlah 5 pemenang terbaik Astra Honda Motor (AHM) Best Student 2020 menyisihkan 847 siswa SMA/SMK/MA/MAK dari...

Yamaha DDS II Jawa Barat Gelar Aerox Experience, Jajal Langsung Performa All New Aerox

Otocorner.com - PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) Area DDS II Jawa Barat telah memperkenalkan All New Aerox 155 VVA Connected secara virtual melalui...

Team Suzuki Ecstar Juara Dunia MotoGP 2020, Suzuki Indonesia Beri Diskon Seluruh Produk Suku Cadang

Otocorner.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan penawaran spesial berupa tambahan potongan harga atau diskon sebesar 5% untuk pembelian seluruh produk. Diantaranya aksesori, oli...

Recent Comments