Beranda Modifikasi Suzuki TS 125 2001 BWR Concept Banyumas, Enak Dipakai Offroad

Suzuki TS 125 2001 BWR Concept Banyumas, Enak Dipakai Offroad

411

Suzuki TS 125 2001 BWR Concept Banyumas, Enak Dipakai Offroad

     Supri yang bekerja sebagai salah satu mekanik mesin kapal ini doyan main adventure disekitar Banyumas raya. Ciri khas lintasan adventure di Banyumas yang penuh dengan handicap pendek menuntut supri lebih kreatif dalam menentukan tunggangannya. Makanya doi incar motor trail yang mudah dalam urusan perawatan namun juga enak buat nyusruk hutan.

Dibantu Toro Bawor dari rumah modifikasi BWR Frame Concept, Suzuki TS 125 miliknya dibuat lebih nyaman dan lincah. Caranya, dengan aplikasi kaki-kaki kekar comotan Spesial Engine (SE). “Ciri khas TS 125 tetap dipertahankan agar tetap kentara motor TS nya,” papar Toro yang buka gerai di Jl. Utara Lapangan Kelapa Gading, Wangon, Banyumas, Jawa Tengah.

Konstruksi sasis bagian depan masih mempertahnkan asli pabrik, seperti down tube dan komstir. Hanya saja permak khusus pada bagian sasis belakang atau sub frame tetap dilakukan untuk menambah kenyamanan. Dudukan bodi belakang dibuat baru dengan material besi 22,5 mm, yang menarik sasis bagian bawah dibagian as lengan ayun dibuat kuat layaknya KTM dengan pipa pipih.

Rangka kelar, bodi yang menjadi sasaran berikutnya. Bodi dibuat modern dengan pilihan baju baru dari KTM 250, pemasangan panel bodi cukup sederhana yaitu dengan braket baru dari pelat 3 mm. Termasuk sepatbor depan belakang dan cover lampu depan, semua pakai dari KTM 250. “Namun untuk tangki Dipertahankan bawaan motor, sebab si empunya ingin tetap ada cirikhas motor TS nya. Paling hanya saja melakukan penyesuaian pada bagian jok agar bisa menyambung antara tangki dan bodi belakang” papar Toro.

Agar enak dipakai manuver, peredam kejut depan comot segelondong punya limbah SE Honda CR125. Komponen ini diambil lengkap dari batang sok hingga segitiga atas bawah. Sehingga memudahkan saat pemasangan, hanya menyesuaikan laher komstir agar sesuai dengan as Suzuki TS 125. Agar makin enak buat handling, setang pakai Protaper.

Walaupun motor TS dari pabriknya sudah mengadopsi komponen monoshock, namun Toro merubah detail komponen agar enak dibawa jatuh bangun ala adventure. “Caranya dengan merubah konstruksi posisi monoshock dengan sok Honda CR85, Namun lengan ayun pakai yang panjang dari Yamaha YZ 125 lawas. Sedangkan untuk as lengan ayun hanya menyesuaikan bushing as lengan ayun saja,” tutup Toro yang punya 5 karyawan ini. (OC1)

 

DATA MODIFIKASI:

Ban depan          : Maxxis 80/100-21

Ban belakang       : Maxxis 100/100-18

Pelek depan-blk    : TK

Sok depan          : Honda CR 125

Sok belakang       : Yamaha YZ 85

Arm                : Yamaha YZ 125

Knalpot            : MMS

Setang             : Protaper

Bodi               : KTM 250

Bengkel            : BWR Frame Concept

Telp               : 0822-4272-5008