Beranda Modifikasi Suzuki TS 2003 Tasikmalaya, Rela Dipakai Blusukan Demi Melayani Masyarakat

Suzuki TS 2003 Tasikmalaya, Rela Dipakai Blusukan Demi Melayani Masyarakat

59

Suzuki TS 2003 Tasikmalaya, Rela Blusukan Demi Melayani Masyarakat

     Mahbub Muhammady spA, MSc, Dokter spesialis anak di rumah sakit Dokter Soekarjo kota Tasikmalaya ini kerap mendapat perintah dari Dinas kesehatan kota Tasikmalaya untuk memberikan pelayanan pada anak anak didaerah pedalaman Kabupaten Tasikmalaya yang terkadang sulit diakses oleh kendaraan roda 4.

Sebab itulah Dokter anak lulusan Universitas gajah Mada Yogyakarta ini mencari alternatif kendaraan yang bisa dipakai untuk blusukan agar tetap bisa maksimal melayani masyarakat walaupun akses lokasinya sulit dijangkau.

“Kepikiran menggunakan motor Suzuki TS untuk kendaraan dinas blusukan. Motor legendaris ini setahu saya mempunyai banyak aksesoris yang bisa dipakai membawa tas untuk menjelajah ke pedalaman. Jadi lebih praktis dan pastinya nyaman dikendarai” ujar Dokter yang tinggal di Jalan Ahmad Yani 132 Tasikmalaya ini.

Didapatnya Motor Suzuki TS dari seorang teman dengan kondisi yang masih terbilang sangat bagus. motor legendaris ini pun langsung diboyong menuju bengkel langganan yang berada di daerah Mangkubumi, Tasikmalaya untuk dilakukan servis dan pemeliharaan.

“Saat tiba dibengkel, justru kepikiran untuk sekalian menaikkan performa Suzuki TS ini agar lebih maksimal. Pasalnya jalur yang dilalui kadang cukup ekstrim dan butuh tenaga motor yang lebih dari motor standarnya” papar Dokter Mahbub yang juga gemar adventure ini.

Setelah berkonsultasi panjang lebar dengan pemilik bengkel, proyek menaikkan performa motor TS pun dimulai. Sasaran utama menaikkan performa dapur pacunya. Gigi rasio asli dipensiunkan. Kemudian ditambahkan perpaduan gigi rasio motor KTM SE 85 dan SE 125 kedalam motor TS agar lari motor bisa lebih kencang.

Untuk mengimbangi rasio KTM tersebut, piston diganti dengan oversize 150. Sebagai pengabut bahan bakarnya, membran V-Force3 turut terpasang beserta dengan karburator Keihin Sudco 32. Sedangkan untuk pengapian dijejali dengan satu set comotan Yamaha YZ 85.

Setelah dapur pacu dirasa cukup, kaki kaki pun turut kena ubahan. Suling sok depan ditambahkan besi sepanjang 3 cm sehingga sok depan jadi lebih tinggi dan daya rebound jadi lebih maksimal. Sedangkan bagian belakang, lengan ayun ditambah sebanyak 6 cm agar kaki belakang lebih panjang dan tidak gampang wheelie saat berada di tanjakan.

“Tak lupa saya tambahkan juga dudukan keranjang belakang agar pak dokter bisa leluasa membawa tas peralatannya saat blusukan memberi pengobatan ke pedalaman” tutup Kang Deden, pemilik bengkel BMR racing yang memodifikasi motor TS milik Dokter Mahbub ini. (OC1)

 

 

 

Data modifikasi

Ban depan     : Pirelli 80/100-21

Ban belakang  : Pirelli 100/100-18

Pelek         : TK Racing

Sok Depan     : Suzuki TS custom

Pengapian     : Yamaha YZ 85

Cakram depan  : Yamaha YZ 85

Cakram belakang: Yamaha YZ 85

Stang         : Renthal

Knalpot       : FMF

Bengkel       : BMR Racing

Alamat        : Mangkubumi, Tasikmalaya

Telp          : 081224699223