Beranda News Ganti Rasio Yamaha Nmax, Bisa Kejar Top Speed Atau Menambah Akslerasi

Ganti Rasio Yamaha Nmax, Bisa Kejar Top Speed Atau Menambah Akslerasi

519

Otocorner.com – Menambah top speed atau akslerasi motor Yamaha Nmax tak perlu harus main bore up atau pen stroke. Ada cara lain yang lebih praktis untuk meningkatkan top speed atau membuat nafas motor menjadi lebih panjang. Yaitu dengan cara merubah rasio pada Nmax. Terlebih saat ini sudah ada rasio custom untuk NMax yang diproduksi oleh TDR ini.

Rasio standar Nmax ada di kombinasi 12–35 mata. Untuk menambah top speed Nmax, yang dilakukan adalah merubah rasio dengan menurunkan jumlah mata pada gear besarnya. Cukup turun 1 atau 2 mata saja, jangan terlalu banyak. Misalnya menjadi 12-34 atau 12-33. Jika terlalu banyak, maka akslerasi awal menjadi lebih berat.

Sedangkan jika ingin menambah akslerasi, bisa menaikkan sebanyak 1 atau 2 mata. Misalnya menjadi 12-36 atau 12-37. Semakin banyak pertambahan giginya, maka akslerasi semakin ringan tapi top speed akan banyak berkurang.

Jika sudah menentukan ubahannya, mengganti rasio bisa saja dilakukan sendiri di rumah. Prosesnya tidak terlalu ribet dan sulit. Hanya butuh sedikit kesabaran untuk proses ubahannya.

Sebelum mulai bongkar pasang, persiapkan dulu alat alat yang akan digunakan. Seperti kunci T8mm, kunci T10mm, kunci T 12mm, Kunci 14, kunci sok 24mm, Oli transmisi atau oli Gardan dan gigi rasio itu sendiri.

Tap terlebih dahulu oli transmisi, miringkan motor agar oli keluar semua. Kemudian buka knalpot dan juga ban dari sebelah kanan motor. Proses ini yang sedikit ribet karena harus membuka ban, serta master cakram.

Setelah itu, cukup buka bagian kanan rumah gearbox untuk membuka rasio. Tidak perlu buka rumah CVT atau sebelah kiri motor. Cukup buka baut penutup rumah gearbox dari sebelah kanan menggunakan kunci T10.

“Jangan lupa lumasi dan putar dulu rasio yang sudah diganti untuk memperlancar perputaran rasio. Setelah itu baru pasang kembali seperti sedia kala” wanti Koh Yonk dari Yonk Jaya Motor Bandung yang kerap mengganti rasio Nmax dari komunitas Nmax di kota Bandung ini. (OC1)

 

Yonk Jaya Motor (YJM)

alamat    : Jalan Ahmad yani no.358-360, Kiaracondong, Bandung, Jabar.

Telp      : 022-7271337, 08122003963