Beranda Modifikasi Vespa VBB 1962 Tegal : Ditambah Sespan VW

Vespa VBB 1962 Tegal : Ditambah Sespan VW

495

     Sobat tentu ingat dengan Herbie, mobil VW kodok yang menjadi tokoh utama dalam film Herbie Fully Loaded. Diceritakan dalam film ini, sang mobil buatan Jerman ini bisa hidup dan bisa mengendalikan laju jalannya sendiri.

     “Kalau menonton film Herbie ini berapa kali pun tak pernah bosan sebab ceritanya lucu dan menarik” Terang HM Subkhan, yang akhirnya terfikir untuk mengaplikasi bentuk Herbie kedalam motor tunggangannya.

     Bentuk mobil VW ini dianggap serasi dengan Vespa VBB langsiran 1962 kesayangannya. “Sama-sama berbentuk melengkung dan unik. Makanya kepikiran untuk memodifikasi menggabungkan bentuk Vespa dan VW.

     Awalnya, pria akrab disapa Jichan ini ingin merubah bagian buritan vespa menjadi bentuk bagian depan VW. Namun langkah ini pastinya akan merusak bodi asli Vespa karena harus memotong pantat asli sang motor Vespa.

     Kemudian ada teman yang menyarankan untuk membuat sidecar atau yang biasa disebut Sespan pada motor Vespa dengan bentuk VW. Jadi bodi asli Vespa telor ini tidak dirusak, melainkan ditambahkan dengan model terpisah.

     Ide itu pun langsung diterapkannya. Jichan yang mempunyai workshop besi dan plat ini pun langsung membuat desain dan bentuk mobil VW yang telah disesuaikan dengan motor Vespanya.

     “Bentuk sespan VW tentunya dibuat lebih kecil dan panjangnya tak boleh melebihi panjang bodi Vespa. Pasalnya akan berpengaruh pada handling motor jika sespannya lebih panjang dari motor itu sendiri” papar anggota Tegal Vespa Indonesia (TGI) ini.

     Setelah desain terbentuk, Jichan pun menggunakan plat galvanis yang mudah dibentuk dan kuat setebal 2 milimeter sebagai bahan pembuat bodi sespan. Bentuknya dibuat persis seperti mobil VW, hanya saja ban asli yang menapak hanya 1 buah dibagian belakang sebelah kiri.

     “Penyambungannya menggunakan besi baja dengan sistem knockdown di 2 titik. Jadi motor Vespa bisa tidak perlu dirusak agar bisa ditambahkan dengan sespan bodi VW” tutup Jichan yang cukup puas dengan hasil kerjanya ini. (OC1)

 

Data Modifikasi

Ban depan     : IRC 350-8

Ban belakang  : IRC 350-8

Sok belakang  : Kayaba

Knalpot       : DRC

Bengkel Modif : Subkhan Modified

Alamat        : Adiwerna, tegal

Telp          : 08122759806