Jumat, September 18, 2020
Beranda Gallery Modifikasi Suzuki Jimny Long 1990 Bandung, Mobil Bekas Tsunami Aceh Yang Kini...

Modifikasi Suzuki Jimny Long 1990 Bandung, Mobil Bekas Tsunami Aceh Yang Kini Siap Diajak Offroad

Otocorner.com – Setiap motor modifikasi pasti mempunyai cerita unik tersendiri. Begitu juga halnya dengan Modifikasi Suzuki Jimny lansiran tahun 1990 milik Susilo Nandang Bagio S.H, M.H dari kota kembang Bandung ini.

Banyak cerita unik didapatnya saat akan memodifikasi mobil yang didapat dari tetangga rumahnya ini. Baik saat awal maupun setelah proses modifikasinya.

baca jugaVideo Modifikasi Suzuki Jimni 1990 Susilo Semprul (Bandung)

Mobil Jimny tahun 1990 ini merupakan salah satu korban musibah bencana Tsunami di Aceh. Surat surat kendaraannya hilang karena tersapu gelombang Tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 silam.

Susilo, ini jimny korban Tsunami Aceh

“Kebetulan Jimny ini milik tetangga sebelah rumah saya dan tugas di Aceh. Kemudian setelah terkena bencana Tsunami, Jimny dibawa kembali ke Bandung tanpa surat surat, baik BPKB dan STNK” beber pria yang akrab disapa Pak Sus ini.

Setelah diambil alih oleh pak Sus, terbersit keinginan untuk memodifikasinya menjadi kendaraan yang bisa dibawa untuk offroad, terutama untuk membawa motor trail nya menuju lokasi offroad trail adventure.

Diutarakannya keinginan ini pada salah satu bengkel Agam Motor kenalannya. Agam sang pemilik bengkel yang memang terbiasa menangani modifikasi dengan konsep offroad pun langsung paham dan menyanggupi keinginan pak Sus ini.

Konsep Jimny semi offroad pun langsung disepakati. Oleh Agam, bodi belakang Jimny long sasis ini pun langsung dipotong dan dibikin bak terbuka. Tujuannya agar nantinya bagian belakang bisa untuk memuat motor trail menuju lokasi offroad trail adventure.

winch depan belakang

Berbagai piranti tambahan pun juga dipasangkan untuk menambah performa jimny ini saat dibawa masuk ke medan offroad. Seperti pemasangan Winch Warn Zeon 12 pada bagian depan dan belakang.

Penggantian pelek menjadi modular rig dan disandingkan dengan 4 buah ban Simex Extreme ukuran 31-10.5 -15 untuk menunjang saat memasuki medan offroad. Demi faktor keamanan, Bodi pun diperkokoh dengan rollbar 4 titik full seamless.

jok Recaro

Agar makin selaras, jok recaro pun di dapuk sebagai tempat duduk barunya. Tentunya lengkap dengan safety belt bergaya racing nya.

Meski tampilan offroad, kenyamanan bagian dalam pun juga tetap di perhatikan. Air conditioner tetap dipertahankan agar penumpang tetap nyaman saat didalam mobil modifikasi ini. Seperangkat audio dari pioneer pun juga dipasang agar penumpang bisa tetap mendengarkan musik didalam kabin.

 Urusan mesin pun juga turut diperhatikan. Pak Sus pun juga bekerjasama dengan bengkel Fad Work Cimahi dibawah komando Iwan untuk meng upgrade performanya.

Mesin bawaan Jimny yang dirasa kurang mumpuni digantikan dengan mesin Vitara G16b dengan ECU programable yang dikombinasikan dengan gearbox matic 3 percepatan. Ditambah pula smooker pada bagian luar sebagai alat pernafasannya.

mesin Vitara

Agar lari sang mobil mantap diajak offroad, final gear pun dipatok menjadi 8:41. Kombinasi ini dirasa paling pas untuk mobil yang sudah di modifikasi menjadi semi offroad dan bisa membawa muatan motor trail.

Setelah semua modifikasi selesai, mobil pun diguyur dengan warna cat hijau army. Tak lupa, kelengkapan surat menyurat kendaraan pun juga di lengkapi oleh Pak Sus.

“Walau modifikasi namun semua kelengkapan dan kelegalan tetap saya perhatikan. Secara keseluruhan, cukup puas lah dengan modifikasi mobil ini,” tutup Pak Sus yang kemudian mengubah plat mobilnya menjadi D 45 AD untuk menghormati pemilik mobil sebelumnya ini. (OC1)

Data Modifikasi :

Ban                        :  Simex extreme 31-10.5-15

final gear             : 8:41

spring                    : Emu heavy duty

gearbox                : matic custom 3 speed

Radiator               : almunium

Extra fan              : karimun

Bumper                : custom

Audio                    : pioneer

Lampu                  : full hid system

Winch                   : Warn zeon12

dashbor panel   : suzuki carabian

Bengkel : fad work cimahi dani 081218789292

Bengkel : agam 081221877964

Oto Cornerhttps://otocorner.com
media otomotif indonesia, mengulas tentang berbagai hal mengenai otomotif di indonesia.

Most Popular

Yamaha X-Ride 125 Luncurkan Warna Baru

Otocorner.com – PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) terus berinovasi dengan memberikan penyegaran tiga warna baru pada Yamaha X-Ride 125. Warna tersebut adalah Attractive Red...

Kejuaraan ASR Championship 2020 Sentul Bogor, Diikuti 700 Starter

Otocorner.com  - Berikut lengkap kejuaraan ASR Championsip yang di selenggarakan pada Sabtu Minggu 12-13 September 2020. Kejuaraan ini berlangsung di sirkuit Sentul karting International Circuit...

Hasil Kejuaraan RTP Championship Matic Cornerrace 2020 Cimahi (12/9)

Otocorner.com - Berikut hasil kejuaraan RTP Championship Matic Cornerrace 2020 yang berlangsung di sirkuit Brigif 15 Kujang II Cimahi Jawa Barat pada Sabtu, 12...

RTP Championship Scootic Cornerrace 2020 Cimahi diikuti 530 starter

Otocorner.com – Vakumnya gelaran balap motor beberapa waktu ini menjadikan gelaran RTP Championship Scootic Cornerrace 2020 diserbu banyak pembalap. Terlihat pada sesi latihan bebas yang...

Recent Comments