Beranda Modifikasi Honda Sonic 125 2001 Sidareja, Bekas Motor Dragbike

Honda Sonic 125 2001 Sidareja, Bekas Motor Dragbike

70

Honda Sonic 125 2001 Sidareja, Bekas Motor Dragbike

     Dikalangan balap dragbike 201 meter era tahun 2000 an, Honda Sonic dikenal cukup mumpuni dengan korekan motor 4 tak khas Thailandnya. Namun seiring dengan makin banyaknya jenis motor baru yang hadir di Indonesia, motor yang aslinya hanya dijual di negeri Gajah Putih ini pun makin tenggelam dan tidak ada peminatnya lagi.

     Felix Cahyadi yang tinggal di jalan Ampera 73, Sidareja, Cilacap ini pun termasuk salah satu orang yang meminang Honda Sonic 125 langsiran Thailand. Motor ini dijadikannya kuda pacu dragbike dan sering memenangi balap lintasan lurus 201 meter tersebut.

     “Sayangnya, selepas tahun 2010, motor sonic ini tidak dipakai lagi balap dragbike karena teknologinya sudah tertinggal dengan motor keluaran baru. Jadinya hanya teronggok saja di gudang” papar felix sang pemilik Sonic langsiran 2001 ini.

     Karena lama teronggok digudang, ada seorang teman yang melihatnya dan menawar 5 juta rupiah. “Langsung saja aku tolak karena motor ini punya kenangan tersendiri. Berkat itu juga aku jadi terfikir unuk menjadikannya motor adventure” lanjut Felix yang langsung menyetandarkan komponen mesin Sonic 125 yang sebelumnya sudah dikorek habis untuk balap lintasan lurus 201 meter.

     Rangka dibuat baru menggunakan pipa seamless diameter 1 inci. Semuanya total dibuat baru karena felix ingin tetap menyimpan rangka asli Sonic 125 tersebut. “Untuk rangka, kontruksinya mengacu pada honda CRF 230. Rangka motor ini terkenal sangat nyaman untuk handling dan nyaman di medan offroad” ujar felix yang memiliki bengkel Merpati Motor ini.

     Bagian kaki kaki, Felix mempercayakan pada komponen milik Kawasaki KLX. Untuk mesin berkapasitas 125 cc, kaki KLX dirasa tepat karena bobotnya tidak terlalu berat dan tingginya pun dirasa cukup untuk perawakan felix yang punya tinggi 165cm ini.

     “Saat dibawa masuk jalur, tenaga Sonic 125 ini cukup mantap karena mesinnya sudah berkontruksi tegak. Hanya butuh sedikit upgrade lagi agar lebih nyaman diajak adventure menyusuri hutan” tutup felix yang memasang cover KTM 85 dimotor Sonic 125 ini.

 

Data modifikasi

Ban depan     : IRC 70/100-19

Ban belakang  : IRC 90/100-16

Pelek         : RC3

Cakram        : Kawasaki KLX

Sok depan     : Kawasaki KLX

Sok belakang  : YSS

Lengan ayun   : V-Rossi

Knalpot       : FMF

Stang         : Renthal

Bengkel       : Merpati Motor

Alamat        : Jalan Ampera 73 Sidareja

Telp           : 0817274769